Monday, 3 December 2012

Efek Buruk Kurang Tidur


Efek Buruk Kurang Tidur : CTK36-mudah menangis sinyal kurang tidur
Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Saat terlelap, tubuh kita beristirahat, meregenerasi sel, dan memproduksi hormon-hormon tertentu. Kurang tidur akan membuat konsentrasi menurun, makan lebih banyak (berat badan jadi lebih cepat naik), mudah marah, dan berbagai efek negatif lainnya. Jika saat ini sita merasakan gejala-gejala tersebut, segeralah tidur nyenyak malam ini.
Sering merasa lapar
Sudah sarapan dengan makanan yang bergizi tapi tetap merasa lapar sepanjang hari? Waspadalah itu gejala tubuh ingin istirahat yang cukup. Huffington Post pada tahun 2010 melansir penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur memiliki kadar hormon ghrelin, yaitu hormon penyebab rasa lapar. Hormon inilah yang menyebabkan seseorang lapar sepanjang hari dan makan banyk. Akhirnya tentu bisa ditebak, tubuh jadi gemuk. Jadi intinya, kurang tidur bisa membuat berat badan meningkat secara tak sehat.
Sering lupa dan tidak fokus
Kurang tidur dapat membuat sista kehilangan konsentrasi dan kemampuan motorik yang dimilikinya. Seperti saat mengantuk, sista tidak akan fokus memikirkan apapun, gerakan tubuh juga jadi tidak terkontrol. Selain itu, kurang tidur akan membuat seseorang bingung, kehilangan kesiagaan, mudah lupa, dan mudah marah. Jika sudah terlanjur terjadi, tidur nyenyak adalah solusi mudah untuk membuat tubuh dan pikiran kembali segar. Orang-orang di sekitar sista pun juga pasti akan tersenyum lega dan tidak menghindar karena tidak lagi mendengar marah yang seringkali tanpa alasan.
Gampang menangis
Sista tiba-tiba jadi mudah menangis atau mendramatisir berbagai situasi yang sebenarnya biasa aja? Bisa jadi itu adalah gangguan mood akibat tubuh kurang tidur. Jangan menyalahkan PMS atau orang-orang di sekitar sista yang dianggap berubah jadi menyebalkan. Namun, ingat-ingatlah kembali apa sista kurang tisur akhir-akhir ini.
Penelitian yang dilaporkan USA Today menunjukkan bahwa kurang tidur menyebabkan otak lebih reaktif 60 persen. Sayangnya kenaikan tersebut ditujukan untuk hal-hal negatif dan mengganggu. Sehingga, sedikit saja sista mengalami hal yang tidak menyenangkan, akan membuat sista jadi drama queen dan lebay.
Tips agar tidur nyenyak:
  • buang jauh-jauh stress yang sista alami hari ini. Memikirkannya sepanjang hari bahkan sampai menjelang tidur tidak akan membuat masalah sista terselesaikan bukan?
  • hindari makanan berat atau banyak minum minimal 2 jam sebelum tidur
  • mandi dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu tidur agar lebih nyenyak
  • kenakan pakaian yang longgar
  • padamkan lampu atau minimal redupkan agar tidur sista pulas. Tidur dalam keadaan gelap sangat baik bagi kesehatan
  • jangan tidur sambil mendengarkan musik, apalagi musik keras
  • jagalah kenyamanan suhu tubuh. Jika udara terasa panas, nyalakan kipas angin atau AC. Jika terlalu dingin, kenakan selimut
  • kenakan bantal dan alas tidur, pilih yang nyaman serta jaga kebersihannya
  • berdoa sebelum tidur

No comments:

Post a Comment