Tuesday, January 22, 2013

Wah..bayiku Cerdas

Cara Membuat Anak Cerdas sejak Bayi. Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tapi tahukah Anda, 4 hal ini tidak hanya baik tapi juga dapat membuat anak lebih cerdas dan sehat sejak bayi. 
Nah… bagi para orang tua, silakan ikuti Tips berikut ini Cara membuat anak cerdas sejak bayi hingga dewasa nanti, seperti  disadur dari laman Parenting berikut ini :
1. Bicara dengan cerdas
Ajak bayi Anda bicara sesering mungkin

Menurut Dr.Jean Ashton –pengajar dan pemerhati pendidikan anak usia dini dari Universitas Sydey, Asutralia, mengajak bayi bicara bukan hanya terbatas pada memuji, mengeluarkan kata-kata lucu atau memanggil-manggil namanya.
“Ajak bayi Anda bicara dan belajar juga menjadi pendengar yang baik untuknya. Bayi mungkin belum bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka pandai merespon melalui ekspresinya. Respon ini yang perlu diperhatikan dan dihargai sebagai bentuk awal bayi belajar berkomunikasi dengan lingkungannya.”
Anda juga dapat mengajak bayi berbicara cerdas dengan memanggil namanya, menanyakan sesuatu, menjelaskan hal sesuai logika serta menggunakan kalimat lengkap.
2. Ikut bermain
Masih menurut Dr. Ashton, keterlibatan Mama saat anak bermain dapat megajarkan cara bermain yang seharusnya. Kegiatan ini juga akan membantu mempercepat proses belajar anak, mengembangkan potensi sosialnya, mengenali kemampuan atau bakat, minat, hingga kebutuhan emosionalnya.
3. Bacakan cerita
Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai membacakan cerita untuk anak. Seperti yang dikatakan Dr.Rosmarie Truglio, seorang ahli pendidikan, “Membaca dapat menumbuhkan kecintaan anak pada buku, meningkatkan kemampuan kosakata serta membantu mengembangkan keterampilan berbahasa.”
Pilih buku-buku sederhana dengan gambar dan warna yang menarik agar anak dapat turut melihat dan memainkannya.
4. Bernyanyilah!
Pilih lagu yang memiliki syair berima, memiliki nada-nada atau bunyi-bunyi unik serta membuat Anda bergerak. Cicak-cicak di dinding, hap! Mudah, bukan? “Ini cara yang sangat menyenangkan untuk mengajak anak mempelajari beragam bunyi dan menamabah perbendaharaan kata. Anak juga akan terdorong untuk ikut bergerak dan bergembira.

bayi pintar....

Intip konsep nyeri yuuk

Definisi nyeri
Nyeri adalah suatu sensori subyektif dan pengalaman emosional yang tidak menyenangkan berkaitan dengan kerusakan jaringan yang aktual atau potensial atau yang dirasakan dalam kejadian-kejadian dimana terjadi kerusakan. (Potter & Perry, 2005).
Definisi lain nyeri adalah pengalaman subjektif, sangat pribadi dipengaruhi oleh pendidikan, budaya, makna situasi dan kognitif ( menurut Bonica dan Melzack, 1987).
b.      Fisiologi nyeri
Menurut Torrance & Serginson (1997), ada tiga jenis sel saraf dalam proses penghantaran nyeri yaitu sel syaraf aferen atau neuron sensori, serabut konektor atau interneuron dan sel saraf eferen atau neuron motorik. Sel-sel syaraf ini mempunyai reseptor pada ujungnya yang menyebabkan impuls nyeri dihantarkan ke sum-sum tulang belakang dan otak. Reseptor-reseptor ini sangat khusus dan memulai impuls yang merespon perubahan fisik dan kimia tubuh. Reseptor-reseptor yang berespon terhadap stimulus nyeri disebut nosiseptor.
Stimulus pada jaringan akan merangsang nosiseptor melepaskan zat-zat kimia, yang terdiri dari prostaglandin, histamin, bradikinin, leukotrien, substansi p, dan enzim proteolitik. Zat-zat kimia ini akan mensensitasi ujung syaraf dan menyampaikan impuls ke otak (Torrance & Serginson, 1997).
Menurut Smeltzer & Bare (2002) kornu dorsalis dari medula spinalis dapat dianggap sebagai tempat memproses sensori. Serabut perifer berakhir disini dan serabut traktus sensori asenden berawal disini. Juga terdapat interkoneksi antara sistem neural desenden dan traktus sensori asenden.

Traktus asenden berakhir pada otak bagian bawah dan bagian tengah dan impuls-impuls dipancarkan ke korteks serebri.
Agar nyeri dapat diserap secara sadar, neuron pada sistem asenden harus diaktifkan. Aktivasi terjadi sebagai akibat input dari reseptor nyeri yang terletak dalam kulit dan organ internal. Terdapat interkoneksi neuron dalam kornu dorsali yang ketika diaktifkan, menghambat atau memutuskan taransmisi informasi yang menyakitkan atau yang menstimulasi nyeri dalam jaras asenden. Seringkali area indisebut “gerbang”. Kecendrungan alamiah gerbang adalah membiarkan semua input yang menyakitkan dari perifer untuk mengaktifkan jaras asenden dan mengaktifkan nyeri. Namun demikian, jika kecendrungan ini berlalu tanpa perlawanan, akibatnya sistem yang ada akan menutup gerbang. Stimulasi dari neuron inhibitor sistem asenden menutup gerbang untuk input nyeri dan mencegah transmisi sensasi nyeri (Smeltzer & Bare, 2002).
Teori gerbang kendali nyeri merupakan proses dimana terjadi interaksi antara stimulus nyeri dan sensasi lain dan stimulasi serabut yang mengirim sensasi tidak nyeri memblok transmisi impuls nyeri melalui sirkuit gerbang penghambat. Sel-sel inhibitor dalam kornu dorsalis medula spinalis mengandung eukafalin yang menghambat transmisi nyeri (Wall, 1978 dikutip dari Smeltzer & Bare, 2002).
c.       Klasifikasi nyeri
Nyeri dikelompokkan sebagai nyeri akut dan nyeri kronis. Nyeri akut biasanya datang tiba-tiba, umumnya berkaitan dengan cidera spesifik, jika kerusakan tidak lama terjadi dan tidak ada penyakit sistemik, nyeri akut biasanya menurun sejalan dengan penyembuhan. Nyeri akut didefinisikan sebagai nyeri yang berlangsung beberapa detik hingga enam bulan (Brunner & Suddarth, 1996).
Berger (1992) menyatakan bahwa nyeri akut merupakan mekanisme pertahanan yang berlangsung kurang dari enam bulan. Secara fisiologis terjadi perubahan denyut jantung, frekuensi nafas, tekanan darah, aliran darah perifer, tegangan otot, keringat pada telapak tangan, dan perubahan ukuran pupil.
Nyeri kronik adalah nyeri konstan atau intermiten yang menetap sepanjang satu periode waktu. Nyeri kronis dapat tidak mempunyai awitan yang ditetapkan dan sering sulit untuk diobati karena biasanya nyeri ini tidak memberikan respon terhadap pengobatan yang diarahkan pada penyebabnya. Nyeri kronis sering didefenisikan sebagai nyeri yang berlangsung selama enam bulan atau lebih (Brunner & Suddarth, 1996 dikutip dari Smeltzer 2001).
Menurut Taylor (1993) nyeri ini bersifat dalam, tum
pul, diikuti berbagai macam gangguan, terjadi lambat dan meningkat secara perlahan setelahnya, dimulai setelah detik pertama dan meningkat perlahan sampai beberapa detik atau menit. Nyeri ini berhubungan dengan kerusakan jaringan, ini bersifat terus-menerus atau intermitten.
d.      Cara mengatasi nyeri
Banyak aktivitas keperawatan nonfarmakologis dan noninvasif yang dapat membantu menghilangkan nyeri. Metode pereda nyeri nonfarmakologis biasanya mempunyai risiko yang sangat rendah. Tindakan nonfarmakologis bukan merupakan pengganti obat-obatan, tindakan tersebut mungkin diperlukan, atau sesuai untuk mempersingkat episode nyeri yang berlangsung hanya beberapa detik atau menit.
1) Stimulasi dan masase kutaneus
Masase adalah stimulasi kutaneus tubuh secara umum, sering dipusatkan pada punggung dan bahu. Masase tidak secara spesifik menstimulasi reseptor tidak nyeri pada bagian reseptor yang sama seperti reseptor nyeri, tetapi dapat mempunyai dampak melalui sistem kontrol desenden. Masase dapat membuat pasien lebih nyaman karena masase membuat relaksasi otot.       Teori gate control telah menjelaskan, bertujuan untuk menstimulasi serabut-serabut yang menstransmisikan sensasi tidak nyeri memblok atau menurunkan transmisi impuls nyeri.         
2) Terapi es (dingin) dan panas.   
Terapi es dapat menurunkan prostaglandin, yang memperkuat sensitivitas reseptor nyeri dan subkutan lain pada tempat cedera dengan menghambat proses inflamasi. Agar efektif, es harus diletakkan pada tempat cedera segera setelah terjadi cedera, (Cohen, 1989 dalam Suddart dan Brunner, 1997). Penggunaan panas mempunyai keuntungan meningkatkan aliran darah ke suatu area dan kemungkinan dapat turut menurunkan nyeri dengan mempercepat penyembuhan. Namun penggunaan panas kering dengan lampu pemanas tidak seefektif penggunaan es. Diduga es dan panas bekerja dengan menstimulasi reseptor tidak nyeri (non nosiseptor) dalam bidang reseptor yang sama seperti pada cedera.   
3) Stimulasi saraf elektris transkutan / Transcutan electric nerve stimulation (TENS)
Tens menggunakan unit yang dijalankan oleh baterai dengan elektrode yang dipasang pada kulit untuk menghasilkan sensasi kesemutan, menggetar atau mendengung pada area nyeri. Tens digunakan baik pada menghilangkan nyeri akut dan kronik.
Tens diduga dapat menurunkan nyeri dengan menstimulasi reseptor tidak nyeri (non nosiseptor) dalam area yang sama seperti pada serabut yang mentransmisi nyeri. Mekanisme ini sesuai dengan teori nyeri gate control          
4) Distraks i
Distraksi mencakup memfokuskan perhatian pasien pada sesuatu selain pada nyeri, misalnya dengan cara kunjungan dari keluarga dan teman-teman pasien. Melihat film layar lebar dengan suara surround. Tidak semua pasien mencapai peredaan nyeri melalui distraksi. Distraksi diduga dapat menurunkan persepsi nyeri dengan menstimulasi sistem kontrol desenden, yang mengakibatkan lebih sedikit stimuli nyeri yang ditransmisikan ke otak.    
5) Tehnik relaksasi           
Tehnik relaksasi terdiri atas napas abdomen dengan frekuensi lambat, berirama. Pasien dapat memejamkan matanya dan bernapas dengan perlahan dan nyaman. Irama yang konstan dapat dipertahankan dengan menghitung dalam hati dan lambat bersama setiap ekshalasi dan inhalasi. Relaksasi otot skletal dipercaya dapat menurunkan nyeri dengan merilekskan ketegangan otot yang menunjang nyeri.        
6) Imajinasi terbimbing    
Menggunakan imajinasi seseorang dalam suatu cara yang dirancang secara khusus untuk mencapai efek positif tertentu. Imajinasi terbimbing menyebabkan relaksasi otot dan pikiran dimana efeknya hampir sama dengan penggunaan tehnik relaksasi dengan metode yang berbeda.         
7) Hipnosis           
Tehnik ini mungkin membantu dalam memberikan peredaan nyeri terutama dalam situasi sulit. Mekanisme bagaimana kerjanya hiposis tidak jelas tetapi tidak jelas tetapi tidak tampak diperantaraioleh sistem endorfin (Moret et.all, 1991 dalam Suddart and Brunner, 1997).
e.       Cara mengkaji nyeri
Perawat harus menggali pengalaman nyeri dari sudut pandang klien. Keuntungan pengkajian nyeri bagi klien adalah bahwa nyeri diidentifikasi, dikenali sebagai sesuatu yang nyata, dapat diukur, dapat djelaskan, serta digunakan untuk mengevaluasi perawatan.       
Hal-hal yang perlu dikaji adalah sebagai berikut:           
1.Ekspresi klien terhadap nyeri   
Banyak klien tidak melaporkan/mendiskusikan kondisi ketidaknyamanan. Untuk itulah perawat harus mempelajari cara verbal dan nonverbal klien dalam mengkomunikasikan rasa ketidaknyamanan. Klien yang tidak mampu berkomunikasi efektif seringkali membutuhkan perhatian khusus ketika pengkajian.    
2.Klasifikasi pengalaman nyeri   
Perawat mengkaji apakah nyeri yang dirasakan klien akut atau kronik. Apabila akut, maka dibutuhkan pengkajian yang rinci tentang karakteristik nyeri dan apabila nyeri bersifat kronik, maka perawat menentukan apakah nyeri berlangsung intermiten, persisten atau terbatas.        
3.Karakteristik nyeri       
- Onset dan durasi           
Perawat mengkaji sudah berapa lama nyeri dirasakan, seberapa sering nyeri kambuh, dan apakah munculnya nyeri itu pada waktu yang sama.      
- Lokasi   
Perawat meminta klien untuk menunjukkan dimana nyeri terasa, menetap atau terasa pada menyebar.    
- Keparahan         
Perawat meminta klien menggambarkan seberapa parah nyeri yang dirasakan. Untuk memperoleh data ini perawt bias menggunakan alat Bantu, skala ukur. Klien ditunjukkan skala ukur, kemudian disuruh memilih yang sesuai dengan kondisinya saat ini yang mana. Skala ukur bis berupa skala numeric, deskriptif, analog visual. Untuk anak-anak skala yan digunakan adalah skala oucher yang dikembangkan oleh Beyer dan skala wajah yang diembangkan oleh Wong & Baker. Pada skala oucher terdiri dari skala dengan nilai 0-100 pada sisi sebelah kiri untuk anak-anak yang lebih besar dan skala fotografik enam gambar pada sisi kanan untuk anak yang lebih kecil. Foto wajah seorang anak dengan peningkatan rasa ketidaknyamanan dirancang sebagai petunjuk untuk memberi anak-anak pengertian sehingga dapat memahami makna dan keparahan nyeri. Anak bisa diminta untuk mendiskripsikan nyeri yang dirasakan dengan memilih gambar yang ada. Skala wajah terdiri dari enam wajah dengan profil kartun yang menggambarkan wajah dari wajah yang sedang tersenyum (tidak merasa nyeri), kemudian secara bertahap meningkat sampai wajah yang sangat ketakutan (nyeri yang sangat). 
Contoh gambar skala nyeri:        

- Kualitas 
Minta klien menggambarkan nyeri yang dirasakan, biarkan klien mendiskripsikan apa yang dirasakan sesuai dengan kata-katanya sendiri. Perawat boleh memberikan deskripsi pada klien, bila klien tidak mampu menggambarkan nyeri yang dirasakan.  
- Pola nyeri          
Perawat meminta klien untuk mendiskripsikan ativitas yang menyebabkan nyeri dan meminta lien untuk mendemontrasikan aktivitas yang bisa menimbulkan nyeri.
- Cara mengatasi 
Tanyakan pada klien tindakan yang dilakukan apabila nyerinya muncul dan kaji juga apakah tindakan yang dilakukan klien itu bisa efektif untuk mengurangi nyeri.
- Tanda lain yang menyertai        
Kaji adanya penyerta nyeri, seperti mual, muntah, konstipasi, gelisah, keinginan untuk miksi dll. Gejala penyerta memerlukan prioritas penanganan yang sama dengan nyeri itu sendiri.          
4. Efek nyeri pada klien  
Nyeri merupakan kejadian yang menekan atau stress dan dapat mengubah gaya hidup dan kesejahteraan psikologis individu. Perawat harus mengkaji hal-hal berikut ini untuk mengetahui efek nyeri pada klien:    
a. Tanda dan gejala fisik 
Perawat mengkaji tanda-tanda fisiologis, karena adanya nyeri yang dirasakan klien bisa berpengaruh pada fungsi normal tubuh.          
b. Efek tingkah laku        
Perawat mengkaji respon verbal, gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan interaksi sosial. Laporan verbal tentang nyeri merupakan bagian vital dari pengkajian, perawat harus bersedia mendengarkan dan berusaha memahami klien. Tidak semua klien mampu mengungkapkan nyeri yang dirasakan, untuk hal yang seperti itu perawat harus mewaspadai perilaku klien yang mengindikasikan nyeri.          
c. Efek pada ADL          
Klien yang mengalami nyeri kurang mampu berpartisipasi secara rutin dalam aktivitas sehari-hari. Pengkajian ini menunjukkan sejauh mana kemampuan dan proses penyesuaian klien berpartisipasi dalam perawatan diri. Penting juga untuk mengkaji efek nyeri pada aktivitas sosial klien.      
5. Status neurologis         
Fungsi neurologis lebih mudah mempengaruhi pengalaman nyeri. Setiap faktor yang mengganggu atau mempengaruhi resepsi dan persepsi nyeri yang normal akan mempengaruhi respon dan kesadaran klien tentang nyeri. Penting bagi perawat untuk mengkaji status neurologis klien, karena klien yang mengalami gangguan neurologis tidak sensitif terhadap nyeri. Tindakan preventif perlu dilakukan pada klien dengan kelainan neurologis yang mudah mengalami cidera.
f.       Pengukuran intensitas nyeri
Menurut Perry dan Potter (1993), nyeri tidak dapat diukur secara objektif misalnya dengan X-Ray atau tes darah. Namun tipe nyeri yang muncul dapat diramalkan berdasarkan tanda dan gejalanya. Kadang-kadang hanya bisa mengkaji nyeri dengan berpatokan pada ucapan dan prilaku klien. Klien kadang-kadang diminta untuk menggambarkan nyeri yang dialaminya tersebut sebagai nyeri ringan, nyeri sedang, atau berat. Bagaimanapun makna dari istilah tersebut berbeda. Tipe nyeri tersebut berbeda pada setiap waktu. Gambaran skala nyeri merupakan makna yang lebih objektif yang dapat diukur. Gambaran skala nyeri tidak hanya berguna dalam mengkaji beratnya nyeri, tetapi juga dapat mengevaluasi perubahan kondisi klien.



 Ada tiga cara mengkaji intensitas nyeri yang biasa digunakan antara lain :
1.      skala intensitas nyeri deskriptif
-          0                       : tidak nyeri
-          1-3                    : nyeri ringan
-          4-6                    : nyeri sedang
-          7-9                    : nyeri berat terkontrol
-          10                     : nyeri berat tidak terkontrol
2.      Skala identitas nyeri numeric
-          0                       : tidak nyeri
-          1-9                    : nyeri sedang
-          10                     : nyeri hebat
3.      Skala analog visual





  Tidak nyeri                                                                                nyeri sangat hebat
4.      Skala nyeri menurut bourbanis
-          0                          : tidak nyeri
-          1-3                       : nyeri ringan
-          4-6                       : nyeri sedang
-          7-9                       : nyeri berat terkontrol
-          10                        : nyeri berat tak terkontrol.
Intensitas nyeri mengacu kepada kehebatan nyeri itu sendiri, untuk menentukan derajat nyeri, dapat menanyakan klien tentang nyeri yang dirasakan dengan menggunakan skala numerik 0-10 atau skala yang serupa lainnya yang membantu menerangkan bagaimana intensitas nyerinya. Cara mengkaji nyeri yang digunakan adalah 0-10 angka skala intensitas nyeri. Intensitas nyeri dibedakan menjadi empat dengan menggunakan skala numerik yaitu :
0 : Tidak nyeri
1-3 : Nyeri ringan : secara obyektif klien dapat berkomunikasi dengan baik
4-6 : Nyeri sedang : Secara obyektif klien mendesis, menyeringai, dapat menunjukkan lokasi nyeri, dapat mendeskripsikannya, dapat mengikuti perintah dengan baik.
7-9 : Nyeri berat terkontrol: secara obyektif klien terkadang tidak dapat mengikuti perintah tapi masih respon terhadap tindakan, dapat menunjukkan lokasi nyeri, tidak dapat mendeskripsikannya, tidak dapat diatasi dengan alih posisi nafas panjang dan distraksi
10 : Nyeri sangat berat tidak terkontrol : Pasien sudah tidak mampu lagi berkomunikasi, memukul.

Uji T Paired dengan SPSS

Paired T Test


Paired T Test digunakan sebagai uji komparatif atau perbedaan apabila skala data kedua variabel adalah kuantitatif (Interval atau Rasio).

Syarat Uji T Paired adalah data bersifat homogen. Maka harus dilakukan terlebih dahulu dengan uji homogenitas. Bisa menggunakan uji Kolmogorov Smirnov.

Untuk Uji T Paired dengan menggunakan Excel, Baca Artikel kami yang berjudul: "T Paired dalam Excel".

Kita Mulai Saja:
Cara melakukan uji T Paired di SPSS (Uji Beda Berpasangan Kuantitatif) Oleh Anwar Hidayat.




Buat Variabel seperti di atas!






Pindah ke Data View
Isi dengan Data (contoh: Berat Badan Sebelum dan Sesudah Minum Suplemen)






Klik pada menu, Analyze, Compare Means, Paired Sample T Test




Tampil jendela:






Masukkan ke dua variabe:
Klik Options; tentukan tingkat kepercayaan (Contoh: 95 % / Alfa 0,05)


Klik Continue:
Klik OK



Akan Muncul Jendela Output



Baca Output:





Correlation: Nilai Korelasi/hubungan antara 2 variabel tersebut: Hasil 0,991 artinya hubungan kuat dan positif.

Sig.: tingkat signifikansi hubungan: Hasil 0,000 artinya signifikan pada level 0,01.
Df: degree of freedom (derajat kebebasan) : Untuk uji T Paired selalu N- 1. Di mana N adalah jumlah sampel.

T = nilai t hitung: hasil 1,000: Harus dibandingkan dengan t tabel pada DF 19. Apabila  t hitung > t tabel: signifikan.

Sig. (2-tailed): Nilai probabilitas/p value uji T Paired: Hasil = 0,330. Artinya: Tidak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah perlakuan. Sebab: Nilai p value > 0,05 (95 % kepercayaan).

Mean: 0,250. Bernilai Positif: Artinya terjadi kecenderungan penurunan berat badan sesudah perlakuan. Rata-rata penurunannya adalah 0,250.
Sekian: Terima Kasih.
ANWAR HIDAYAT

Anda Juga Dapat Mendownload File ini dalam bentuk PDF di Link ini:

KETERAMPILAN PROSES MEMBUAT DEFINISI OPERASIONAL DAN MENGINTERPRESTASI DATA

Definisi Operasional
Definisi operasional adalah salah satu kunci untuk pengumpulan data yang baik.

Apakah yang dimaksud dengan definisi operasional?

Definisi operasional adalah jelas, singkat, definisi rinci tentang ukuran. Anda perlu definisi operasional ketika mengumpulkan semua jenis data. Hal ini sangat penting ketika keputusan sedang dibuat mengenai apakah ada sesuatu yang cacat atau tidak cacat atau apakah ada cacat atau tidak. Sebagai contoh, bagaimana Anda tahu apakah pengiriman tepat waktu atau tidak tepat waktu? Pengumpulan data akan berarti jika definisi tepat waktu belum ditentukan. Dengan demikian, definisi operasional harus dikembangkan dan diuji sebelum pengumpulan data dimulai.

Bagaimana definisi operasional dikembangkan?

Enam langkah dalam mengembangkan definisi operasional diberikan di bawah ini.

1.
 Mengidentifikasi karakteristik yang anda tarik.
Pada langkah ini, cukup mengidentifikasi karakteristik Anda ingin mengukur.

Contoh: Keakuratan Picking Harian

2.
 Pilih alat ukur.
Alat ukur adalah salah satu bagian fisik peralatan ukur (seperti mikrometer, skala,  tester, tester tarik atau jam) atau pemeriksaan visual. Anda mungkin ingin memasukkan standar jika Anda melakukan cek visual. Misalnya, Anda mungkin akan menilai warna produk. Anda harus memasukkan standar-standar yang menunjukkan rentang warna diterima.

Contoh: Sebuah inspeksi visual dari item yang ada dan kuantitasnya adalah alat ukur untuk memilih akurasi.


3. Uraikan metode pengujian dan / atau kriteria.
Jika peralatan ukur adalah bagian fisik peralatan pengukuran, metode uji sederhana prosedur untuk mengambil pengukuran. Tingkat akurasi perlu dinyatakan. Misalnya, jika Anda mengukur berapa lama membawa sesuatu, apakah Anda mengukur dalam hitungan detik, menit, interval 15 menit, dll? Visual cek juga membutuhkan kriteria.

4.
 Lakukan tes dan mencapai keputusan
Pada langkah ini dilakukan pengujian dan keputusan tercapai. Apakah item tersebut memenuhi kriteria?Apakah ada masalah?

5.
 Dokumen Definisi Operasional
Tuliskan informasi dalam langkah 1 sampai 4. Definisi operasional harus disertakan dalam semua materi pelatihan dan prosedur operasi standar.

6.
 Uji definisi operasional.
Sebelum menerapkan definisi operasional, menguji itu dalam skala kecil. Sebagai cntoh :  Anda dapat meminta beberapa pemulung untuk mengambil data selama seminggu. Mereka mungkin akan memiliki masukan tentang cara meningkatkan definisi operasional. Periksa hasil mereka. Apakah mereka benar?
Pembentukan Definisi Operasional
Misalkan kelas Anda dan kelas lain bekerja sama dalam experiment. mencoba untuk menentukan jenis bola roll yang tercepat. Saat percobaan, Anda semua ingin membandingkan data Anda, sehingga Anda semua harus melakukan percobaan
dengan cara yang sama. Itu berarti bahwa setiap kali tim mengulangi pengamatan tim lain, mereka harus menggunakan bahan yang sama dan prosedur setiap tim lain. Mereka juga harus membuat pengukuran mereka dengan cara yang identik.Parailmuwan juga mengulangi penyelidikan mereka sendiri dan orang lain untuk memastikan bahwa data yang spesifik yang handal. Untuk membuat pos-perulangan
jawab, para ilmuwan mengguna kadefinisi operasional.
Definisi operasional adalah yang menggambarkan bagaimana sebuah variabel tertentu yang akan diukur, atau bagaimana sebuah objek atau kondisi itu harus diakui. Definisi operasional memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan atau
apa yang harus amati. (Kata “operasional” berarti “menggambarkan apa yang harus dilakukan.”)
definisi operasional harus jelas dan tepat sehingga pembaca tahu persis
apa untuk mengamati atau mengukur.
Contoh : Untuk mengukur denyut nadi seseorang, tempat telunjuk dan tengah
jari ringan di bagian dalam pergelangan tangan seseorang dan menemukan arteri pemukulan.

Interpretasi Data
Sebelum melakukan penyelidikan sebaiknya terlebih dahulu belajar bagaiman cara menginterpretasikan data atau menafsirkan hasil observasi kuantitatif. Interpretasi data biasanya melibatkan organisassi data kedalam tabel atau gambar /bagan.
Membuat hasil pengamatan atau observasi menjadi lebih bermakna disebut interferensi data. Perlu diingat bahwa IPA dimulai dari suatu pertanyaan. Sering terjadi hipotesis yang dibuat berfungsi untuk memprediksi/meramalkan jawaban untuk pertanyaan yang telah dibuat. Kemudian penyelidikan dirancang dan dilaksanakan.
Dari hasil penyelidikan diperoleh data hasil percobaan, data interpretasi lebih mudah dipahami setelah melalui beberapa percobaan.
Kemampuan untuk menginterpretasikan data yang disajikan dalam tabel, grafik dan diagram adalah persyaratan umum
Masalah interpretasi data biasanya memerlukan dua langkah dasar. Pertama, Anda harus membaca diagram atau grafik untuk memperoleh informasi tertentu. Kemudian Anda harus menerapkan atau memanipulasi informasi untuk memperoleh jawaban. Pertanyaan ini sering menggunakan ilustrasi yang sangat spesifik, misalnya pertanyaan menampilkan data keuangan. Namun, pemahaman tentang keuangan tidak akan diperlukan untuk menjawab pertanyaan.
Pertanyaan interpretasi data sangat banyak digunakan untuk menilai kandidat lulusan baru dan tingkat manajerial. Banyak orang yang telah keluar dari sistem pendidikan untuk sementara waktu atau lama tidak menggunakan dan menafsirkan grafik, diagram lingkaran, diagram pencar dan tabel data mungkin merasa gugup dengan jenis pertanyaan ini. Yang penting untuk diingat adalah bahwa Anda tidak perlu telah mempelajari matematika tingkat tinggi untuk dapat berhasil, khususnya tes intrepretasi data. Pertanyaan-pertanyaan ini, terutama tes interpretasi data, matematika mutlak diperlukan.
Anda biasanya untuk jenis pertanyaan dan dapat menangani pecahan dan persentase adalah perlu. Anda juga harus mungkin akan diperbolehkan untuk menggunakan  kalkulator mencoba untuk bekerja melalui beberapa latihan perhitungan angka untuk mendapatkan kembali pola pengerjaan untuk jenis perhitungan tersebut.
Anda telah mengetahui cara mengobservasi, membuat inferensi, mengidentifikasi dan membuat prediksi. Jadi, anada telah memiliki cukupketerampilan proses IPA. Sebelum anda melakukan suatu penyelidikan, sebaiknya anda terlebih dahulu belajar bagaimana caranya menginterprestasikan data atau menafsirkan hasil observasi kuantitatif.
Interprestasi data biasanya melibatkan organisasi data ke dalam tabel atau gambar/bagan. Interprestasi data ajuga dapat di lakukan dengan jalan membuat gambar atau grafik dari hasil pengamatan, biasanya melibatkan usaha-usaha penulisan hasil observasi, membuat kesimpulan, inferensi/penafsiran dan merekomendasi. Sedangkan inferensi adalah pernyataan umum yang berfungsi untuk menjelaskan atau membuat kesimpulan menjadi bermakna. Rekomendasi adalah saran untuk tindakan di masa yang akan datang berdasarkan kesimpulan dan inferensi yang telah di buat.
“Membuat hasil pengamatan atau observasi menjadi bermakna di sebut interprestasi data.”.
Interprestasi data sangat penting karena makna dan pengertian yang di peroleh dapat di konsumsikan dengan baik. Bila kita melihat keterampilan proses dalam IPA, perlu di ingat bahwa IPA di mulai dari suatu pertanyaan. Sering terjadi, hipotesis yang di buat berfungsi untuk memprediksi/meramalkan jawaban untuk pertanyaan yang telah di buat. Kemudian penyelidikan di rancang dan di laksanakan.
Dari hasil penyelidikan biasanya di peroleh data hasil percobaan. Data yang di hasilkan kemudian di interprestasi, misalnya angka-angka di transfer ke dalam kata-kata atau kalimat untuk menjelaskan hasil. Terakhir si peneliti harus memutuskan apa arti dari kata-kata tersebut. Pertanyaan-pertanyaan yang bisa di ajukan antara lain. Apakah ramalan yang telah di buat cukup akurat? Apakah satu variabel mempengaruhi variabel yang lainnya? Pertanyaan lain yang mungkin muncul adalah apakah yang harus di kerjakan berikutnya? Apakah yang harus di beritahukan kepada orang lain tentang penyelidikan yang di lakukan? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini adalah bagian dari data interprestasi.
Data interprestasi lebih mudah kita pahami setelah melelui beberapa percobaan. Kegiatan berikut ini akan mendukung pernyataan tersebut di atas. Dari aktivitas ini akan di coba untuk menyakijan data ke dalam dua format yang berbeda. Tugas anda adalah membandingkan kedua format penyajian data dengan jalan mencari perbedaaan dan persamaannya.
Format 1. Penyajian data dalam bentuk deskripsi
Matahari kita memiliki temperatur permukaan sekitar 10.0000 F Merkurius adalah termasuk planet dalam dengan jarak yang paling dekat dengan matahari, memiliki temperatur permukaan sekitar 6200 F: Planet berikut adalah Venus, memiliki temperaturpermukaan sekitar 900 F. Planet tempat kita tinggal memiliki temperatur permukaan sekitar 720 F. Mars adalah planet yang ke-4 memiliki temperatur  permukaan sekitar -100 F. Jupiter adalah planet berikutnya, memiliki temperatur permukaan sebesar -3000 F: Uranus adalah planet berikutnya, memiliki temperatur permukaan sebesar -3400 F. Neptunus adalah planet yang terjauh dari matahari dan temperatur permukaannya tidak dapat di ukur. Tetapi banyak yang percaya bahwa temperatur permukaannya sangat dingin.
Format 2. Penyajian data dalam bentuk tabel
No Planet dalam tata surya Temperatur Permukaan
1 Merkurius 620 F
2 Venus 900 F
3 Bumi 72 F
4 Mars -10 F
5 Yupiter -240 F
6 Saturnus -300 F
7 Uranus -340 F
8 Neptunus -370 F
9 Pluto Tidak di ketahui


Kesimpulan
Definisi Operasional adalah metode untuk memberi definisi, mengukur, atau mendeteksi adanya suatu variabel. Sebagai contoh anda disuruh membedakan 3 buha definisi operasional untuk mengukur daya serap dari kertas tisu yang meliputi: mencelupkan, mengangkat, dan menuang. Definisi operasional mencelupkan adalah jumlah air yang dapat di serap oleh kertas tisu setelah di masukkan ke dalam gelas yang berisi air dengan volume tertentu. Volume air yang di serap adalah volume air mula-mula di kurangi dengan volume air setelah kertas tisu diangkat. Definisi operasional dari menyerap/mengangkat adalah volume air yang dapat di serap atau merambat ke dalam kertas tisu setelah kertas tisu di angkat. Definisi operasional dari menuang adalah volume air yang dapat di serap oleh kertas tisu setelah air di tuang ke dalam kertas tisu. Volume air yang di serap adalah volume air mula-mula dalam gelas di kurangi volume air yang tersisa dalam wadah penampung.
Membuat hasil pengamatan atau observasi menjadi bermakna di sebut interprestasi data. Interprestasi data biasanya melibatkan organisasi data ke dalam tabel, gambar dan bagan. Interpertasi data sangat penting untuk di kuasai karena akan sangat membantu kita dalam memberi makna dan pengertian yang di peroleh sehingga dapat di komunikasikan dengan baik.
Daftar pustaka
- http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PRODI.PENDIDIKAN
- http://www.hollandchristian.org/science.6th.links.dvos/files/05_operationaldefinitions.pdf
- http://en.wikipedia.org/wiki/Operational_definition
- http://web.utk.edu/~wrobinso/540_lec_opdefs.html
- http://books.google.com/books?id=GnN2nEmpyIMC&pg=PA56
- Amalia sepriati, dkk .2008 Jakarta: Pembelajaran IPA di SD, Universitas Terbuka.